Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Pantai Indah Kapuk : Kaji ulang amdal PIK paling cepat 2 bulan

Format : Artikel

Impresum
- : , 2002

Deskripsi
Sumber:
Gatra: Kamis, 7 februari 2002
http://www.gatra.com/artikel.php?id=15222

Isi:

Jakarta - Kepala BPLHD (Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah), Kosasih Wirahadikusumah, memperkirakan "review" Amdal untuk kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk) hanya berupa kajian tematis dan bukan Amdal secara keseluruhan. "Yang paling mungkin dikerjakan dalam waktu singkat adalah kajian tematis, bukan Amdal secara keseluruhan karena itu akan makan waktu sangat lama," kata Kosasih kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Kosasih menjelaskan Kajian Tematis dapat dilakukan relatif cepat sekitar dua bulan karena yang dikaji hanya dari segi terbatas, misalnya, hubungan antara keberadaan PIK dengan genangan air di tol Prof Dr Sedyatmo.

Dia mengemukakan pengembang PIK selama ini taat bahkan termasuk yang terbaik dalam menyampaikan laporan tiga bulanan mengenai pengelolaan lingkungan.

Kosasih mengemukakan hal tersebut saat ditanya wartawan mengenai tim independen yang akan me"review" Amdal PIK sehubungan dengan terjadinya banjir di DKI khususnya di Jakarta Utara.

Gubernur DKI Sutiyoso saat bertemu dengan Sub Komisi II DPR RI di Jakarta, hari ini, mengemukakan akan membentuk tim independen terdiri dari pakar lingkungan, pihak LSM maupun birokrat untuk menentukan apakah keberadaan PIK melanggar ketentuan.

"Bisa saja suatu kawasan punya ijin terdahulu tetapi ijinnya direkayasa padahal mereka tidak memenuhi Amdal, kita teliti lagi apakah Amdalnya memenuhi syarat," kata Gubernur.

Dia juga mengemukakan jika terbukti Amdal suatu kawasan tidak memenuhi syarat, maka yang paling mungkin adalah mengharuskan pengelola kawasan tersebut menyediakan kompensasi seperti membangun saluran air hingga ke laut. [Dh, Ant]

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved