Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Sudin Pertamanan Jaksel tanam ribuan pohon lindung di pinggiran kali

Format : Artikel

Impresum
- : , 2004

Deskripsi
Sumber:
beritajakarta.com: 19 Januari 2004 14:59
http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=12027

Isi:

Ribuan pohon pelindung dan penahan longsor berusia tua dan telah mati yang berada di sepuluh titik pinggiran kali menjadi perhatian serius Kantor Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan. Sejak awal Desember 2003 lalu, ratusan bibit pohon lindung ditanam di pinggiran kali guna mengganti pohon lindung yang telah mati.

"Petugas di lapangan telah memotong ratusan pohon lindung mati, sebab keberadaannya kapan saja dapat membahayakan warga yang saat itu sedang melintas. Pohon yang mati lalu diganti dengan bibit pohon yang baru," ujar Kasudin Pertamanan Jakarta Selatan Harun Alrasyid kepada wartawan, Senin (19/1) siang.

Menurut dia, penanaman kembali pohon-pohon lindung di pinggiran kali serta sejumlah tanaman di sepanjang ruas jalan protokol telah menjadi prioritas utama yang telah diinstruksikan Walikota Jakarta Selatan Dadang Kafrawi.. "Pohon-pohon itu sangat rawan roboh secara mendadak sehingga secepat mungkin diambil penanggulangannya. Bila hal ini didiamkan saja, Mobil bermotor serta warga yang sedang melintas akan menjadi korban," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Harun Alrasyid, upaya pemotongan pohon tua yang telah mati dilakukan untuk menata kawasan di sekitarnya menjadi indah dan asri. "Pohon – pohon itu akan mampu menyerap air, sehingga saat musim hujan tiba akan sangat bermanfaat bagi warga," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menanam kembali sebanyak 1.500 bibit pohon lindung sebagai pengganti pohon lindung yang telah lama mati. "Kami khawatir bila musim hujan nanti akan berdampak buruk, karena keberadaan pohon yang sudah tidak berfungsi menyerap air," jelasnya.

Reporter: folmer

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved