Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Gedung bekas KODIM 0505 dipugar

Format : Artikel

Impresum
- : , 2007

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Rabu, 18 April 2007

Isi:

Jakarta, KOMPAS – Gedung bekas markas Komando Daerah Militer 0505 Jakarta Timur akan dipugar. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menghabiskan dana hampir Rp 12 miliar untuk mendapatkan kembali gedung tua dari abad ke-19 itu.

"Kami akan memugarnya agar dapat dimanfaatkan kembali," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta Aurora Tambunan, Selasa (17/4). Gedung di Jalan Raya Bekasi Timur itu, tak jauh dari Stasiun Kereta Api Jatinegara, pernah diusulkan untuk dijadikan museum meski juga ada ide lain, seperti untuk gedung kesenian.

"Di belakang gedung ada lahan luas yang masih bisa dimanfaatkan. Kami ingin melakukan pemanfaatan kembali, tetapi menggunakan cara sesuai dengan kondisi saat ini," katanya.

Dana pemugaran bangunan cagar budaya itu baru akan dimasukkan dalam rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI tahun 2008. Aurora mengatakan belum tahu berapa biaya pemugaran yang diperlukan.

Gedung bekas markas Kodim 0505 adalah milik Pemprov DKI yang diperoleh lewat tukar guling. Sebagai gantinya, Pemprov DKI telah membangun markas Kodim 0505 baru di Sentra Primer Timur, Penggilingan, Jakarta Timur. Proses tukar guling yang berlangsung dari 1989 dan baru selesai Maret 2007 menghabiskan biaya sekitar Rp 12 miliar.

Kepala Subdinas Pengawas Cagar Budaya Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta Candrian Attahiyat menyebutkan, luas gedung bergaya arsitektur klasik itu, 3.072 meter persegi. Gedung itu awalnya adalah rumah mewah yang pernah dipakai sebagai rumah bupati Jatinegara, daerah yang saat itu masih bernama Meester Cornelis. (MUK)

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved