Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Memanfaatkan area selokan untuk taman

Format : Artikel

Impresum
- : , 2008

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Rabu, 3 Desember 2008 | 14:49 WIB
http://properti.kompas.com/read/xml/2008/12/03/14493687/memanfaatkan.area.selokan.untuk.taman

Isi:

MEMILIKI lahan hunian yang tak terlalu luas, biasanya menyisakan lahan untuk taman terbuka, yang juga sempit. Keadaan inilah, yang kemudian menimbulkan inspirasi ide untuk memanfaatkan area selokan. Area yang berukuran 1,2mx5m, dapat menambah luas lahan hingga 25 meter persegi.

Bagaimana caranya? Pertama-tama bagian atas selokan ditutup dengan beton, jangan lupa membuat satu bak kontrol, yang bisa dibuka tutup, untuk membersihkan kotoran dan sampah. Setelah itu timbun permukaannya dengan tanah, kurang lebih 60cm. Sekarang tinggal ciptakan taman di atasnya.

Tanaman tinggi dijajarkan di sisi, yang berbatasan dengan pagar. Tanaman yang lebih rendah, ditanam sejajar kolam ikan, yang dibangun di pinggir dinding rumah. Di atas kolam, terdapat pijakan dari batu andesit. Bagian tepian kolam, yang berbatasan dengan taman, dihiasi batu koral telur.

Di atas kolam, terdapat sebuah bidang miring, yang terbuat dari tembok, yang dilapisi batu andesit bakar susun sirih. Bagian atas bidang ini mengeluarkan air, yang langsung jatuh ke kolam, seperti hujan.

Di salah satu sudut taman, diletakkan dua buah bangku dan sebuah coffee table, untuk area duduk. Agar penghuni rumah tetap bisa menikmati hijaunya taman di luar pagar, dipasanglah aksesoris kaca sandblast, sebagai pembatas.

Dewi

Subject :

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved