Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Empat Universitas Ekskavasi Situs Trowulan

Format : Artikel

Impresum
- : , 2008

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Senin, 4 Agustus 2008 | 20:17 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/04/20175459/empat.universitas.ekskavasi.situs.trowulan.

Isi;

MOJOKERTO, SENIN- Empat universitas, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Udayana, untuk pertama kalinya di Indonesia melakukan penggalian arkeologi secara bersama di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Penggalian atau ekskavasi yang menurut Penanggung Jawab Penelitian Arkeologi Terpadu atau PATI I DR. Irma M Johan dilakukan sejak 1 Agustus itu, ditujukan untuk mengungkapkan dimana sebetulnya lokasi kedaton Majapahit.

Ekskavasi yang akan dilakukan hingga 11 Agustus mendatang itu, hingga Senin (4/8), telah berhasil menemukan batas-batas tembok yang berada pada kedalaman antara satu meter hingga tiga meter di bawah permukaan tanah. Sejauh ini telah dilakukan penggalian 20 lubang berukuran 1,5 X 1,5 meter persegi dengan kedalaman antara 1-3 meter pada sebuah bidang tanah milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala atau BP3 Jatim.

Temuan bangunan yang diduga sebagai batas-batas tembok kedaton itu cukup menggembirakan karena paling tidak sesuai dengan uraian dalam Nagarakrtagama yang di antaranya menyebutkan kedaton dikelilingi dan disekat-sekat oleh tembok pembatas. Namun, umur batas-batas tembok yang terdiri atas sejumlah lapisan susunan batu bata itu belum bisa ditentukan berasal dari tahun berapa.

Irma yang juga Ketua Departemen Arkeologi Universitas Indonesia menjelaskan, sebetulnya perimeter ekskavasi itu luas totalnya 1 X 1 km2. Namun, belum semua titik bisa dilakukan penggalian karena status tanah yang milik warga.

INK

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved