Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

12.000 Orang Kunjungi Air Terjun Bantimurung

Format : Artikel

Impresum
- : , 2008

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Senin, 18 Agustus 2008 | 15:27 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/18/15274721/12.000.orang.kunjungi.air.terjun.bantimurung

Isi:

MAKASSAR, SENIN - Pengunjung obyek wisata alam air terjun Bantimurung di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, dua hari libur akhir pekan ini membludak mencapai sekitar 12.000 orang.

"Jumlah pengunjung yang datang ke obyek wisata alam andalan Sulsel ini dari berbagai daerah pada dua hari libur terakhir meningkat dua kali lipat dari hari libur biasa," kata Humas Taman Rekreasi Bantimurung , Askabul di Maros, Senin.

Pengunjung yang datang ke Bantimurung sejak Sabtu (16/8) hingga Senin (18/8) mencapai sekitar 12.000 orang, baik masyarakat setempat maupun mereka yang datang dari daerah tetangga seperti Makassar, Pangkep, Barru, Soppeng, Gowa, Takalar dan Bone.

Obyek wisata ini, menurut Askabul, tidak pernah sepi dari pengunjung, sehingga staf taman rekreasi bersama Polisi Jagawana yang ada di kawasan ini melakukan pengawasan ketat di dalam dan di luar kawasan wisata tersebut.

Jumlah pengunjung membludak pada hari libur ini karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-63 2008 dan menjelang masuknya bulan Suci Ramadhan tahun ini.

Obyek wisata alam air terjun Bantimurung merupakan salah satu kawasan wisata alam yang menjadi pilihan masyarakat setempat pada hari libur maupun menjelang Ramadhan dan setelah Hari Raya Idul Fitri. Pemerintah Kabupaten Maros menjadikan wisata alam Bantimurung yang memiliki beragam pesona di dalamnya antara lain, air terjun dengan debit air yang tetap normal meski musim kemarau, penangkaran kupu-kupu khas Bantimurung serta Goa Mimpi yang diminati banyak pengunjung, termasuk wisatawan asing.

Tiket masuk dalam kawasan wisata ini relatif murah, bagi pengujung dewasa dikenakan karcis tanda masuk Rp5 ribu dan anak-anak Rp4 ribu. Menurut Askabul, pemkab Maros menjadikan obyek wisata ini sebagai salah satu pemasok pendapatan asli daerah (PAD) terbesar setiap tahun, di samping pendapatan sektor lainnya.

Kontribusi Taman Rekreasi Bantimurung terhadap PAD Maros pada 2007 mencapai Rp3 miliar lebih dari target hanya Rp2,5 miliar, sedang target pada 2008 sebesar Rp3,2 miliar.

ABI

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved