Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Jogja gelar gamelan gaul

Format : Artikel

Impresum
Lukas Adi Prasetya - : , 2008

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Selasa, 21 Oktober 2008 | 19:39 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/21/19391320/jogja.gelar.gamelan.gaul

Isi:

YOGYAKARTA, SELASA--Gamelan Gaul, sebuah festival gamelan bagi kaum muda, kembali digelar Rabu (22/10) dan Kamis (23/10). Kegiatan yang dilangsungkan di Plaza Monumen Serangan Umum 1 Maret tersebut, diharapkan bisa menarik minat dan apresiasi kaum muda terhadap gamelan.

Penyelenggaran Gamelan Gaul kali ini adalah pertama kali dipisah dari Yogyakarta Gamelan Festival (YGF). Barangkali anak muda lebih senang ketika Gamelan Gaul dipisah dari YGF, ujar seniman kontemporer itu, dalam tumpengan Gamelan Gaul, Selasa (21/10). Masyarakat diharapkan Sapto merespons kegiatan ini.

Rabu malam besok, peserta yang tampil adalah Teater Lilin Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), YoungCourse & Youngster Gamelan 16, kolaborasi SMKN 2 Depok dan SMAN 8, serta Modern Dance Battle. Ada juga games dan jam session.

Sedangkan pada hari kedua adalah SMKN 8 Surakarta, Karawitan Difabel Hita Mandiri, SMKN 9 Surabaya, serta kolaborasi SMA Bopkri 1 dan SMA Bopkri 2 Yogyakarta, serta kelompok Stupa (Yogyakarta).

Sapto yakin bahwa minat dan apresiasi kaum muda terhadap seni gamelan bisa tumbuh asal mereka disentuhkan dengan gamelan sejak dini.

Dalam Gamelan Gaul sekarang saja, kami sampai terpaksa menolak sejumlah sekolah yang berminat mengisi Gamelan Gaul. Hanya ada delapan sekolah untuk ditampung selama dua malam, p adahal, ada 20 lebih sekolah yang mau mengisi, ujarnya.

Menurut Sapto, acara seperti Gamelan Gaul dan juga YGF sebenarnya bisa dilangsungkan lebih dari sekali setahun mengingat Yogyakarta mempunyai potensi. Acara seperti ini bisa menarik wisatawan.

Terhadap hal tersebut, Hadi Muhtar Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Yogyakarta menyatakan dukungannya. Namun diakui dana memang masih menjadi kendala.

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved