Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Mau Cantik? Mandilah di Sumur Dewi Kwan Yin

Format : Artikel

Impresum
- : , 2008

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Selasa, 26 Agustus 2008 | 15:03 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/26/15030750/mau.cantik.mandilah.di.sumur.dewi.kwan.yin.

Isi:

PANGKALPINANG, SELASA- Obyek wisata sumur Dewi Kwan Yin di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, ternyata diminati kalangan artis ibu kota yang ingin mendapatkan khasiat kecantikan dan sifat luhur dewi penolong yang terkenal dalam mitologi agama Kong Hu Chu itu.

Pengelola obyek wisata Dewi Kwan Yin, Hermanto Wijaya, di Sungailiat, Selasa (26/8), menjelaskan, sudah banyak artis terkenal ibu kota yang datang mengunjungi sumur Dewi Kwan Yin yang merupakan salah satu obyek wisata paling terkenal di Bangka itu.

Ia menyebut nama sejumlah artis terkenal ibukota seperti TP, DM, dan PN yang sudah sering mengunjungi obyek wisata sumur Dewi Kwan Yin. Selain itu banyak orang menderita penyakit dari berbagai kota besar yang tidak bisa diobati secara medis, tetapi sembuh hanya dengan mandi dan minum air sumur Dewi Kwan Yin.

Pengunjung ada yang datang perorangan, keluarga, dan juga berombongan, termasuk yang paling terakhir kunjungan sepuluh biro perjalanan wisata (BPW) dari beberapa provinsi yang datang atas sponsor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung.

Menurut Hermanto, Dewi Kwan Yin dikenal sebagai ’Ciu Khu Ciu Nan’ atau dewi berparas cantik yang memiliki sifat penolong orang-orang yang sedang sakit dan menderita.

"Bila sang dewi berkenan kepada orang yang sakit dan menderita tersebut, keajaiban akan terjadi dalam waktu singkat, karena itu jauh-jauh orang mau datang ke Bangka hanya sekedar ke tempat Dwi Kwan Yin," ujarnya.

Suasana di sekitar obyek wisata Dewi Kwan Yin cukup tenang, nyaman, dan damai, karena sumur sedalam 1,5 meter itu dikelilingi beberapa kolam untuk mandi dan dihiasi taman bunga teratai yang indah yang kini sedang berbunga, sehingga menebarkan bau harum.

"Mereka yang datang mengunjungi sumur Dewi Kwan Yin berasal dari berbagai latar belakang agama, sehingga di kompleks obyek wisata ini selain ada tempat pemujaan untuk umat Kong Hu Chu, juga sudah ada mushala, sedangkan gereja masih dalam proses pembangunan," demikian Hermanto Wijaya.

Pimpinan biro perjalanan wisata (BPW) PT Swell Travel Jakarta, Yully Wu, menyatakan ketertarikannya mengemas obyek wisata Dewi Kwan Yin menjadi paket tur yang akan dijual kepada turis domestik dan mancanegara.

"Obyek wisata ini cukup menarik ditawarkan kepada wisatawan, karena memiliki cerita mistisnya sendiri yang membuat banyak orang bisa tertarik," ujarnya Yully Wu di dampingi C Putra dan Risna dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung.

MSH

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved