Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Gule Kacang Ijo PAk Sholeh ...Mak Nyus!

Format : Artikel

Impresum
- : , 2008

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Jumat, 22 Agustus 2008 | 05:06 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/22/05060927/gule.kacang.ijo.pak.sholeh....mak.nyus

Isi:

PEKALONGAN, KAMIS - Jika Anda berkunjung ke Kota Pekalongan, berburu kuliner ternyata tak kalah menariknya dengan berburu kain batik Pekalongan yang terkenal. Salah satu wisata kuliner yang wajib anda coba adalah warung gule kacang ijo Pak Sholeh di Gang 9 Krapyak Lor, Pekalongan yang buka mulai pukul 17.00 WIB.

Kali ini Kompas.Com beruntung, karena saat menyambangi warung ini tepat pukul 19.20 WIB ternyata masih bisa menikmati gule kacang ijo Pak sholeh yang terkenal laris, itupun tinggal tersisa tiga porsi saja. Menurut keterangan Aris, seorang teman dari Pekalongan, gule kacang ijo racikan Pak Sholeh memang terkenal paling enak. Tak heran hanya dalam waktu tiga jam seluruh gule sudah habis terjual.

Di warung berukuran tiga kali tujuh meter dan separuh bangunanya terbuat dari kayu ini Pak Sholeh sudah 15 tahun melayani pelanggannya. Pertama kali mendengar namanya, saya merasa penasaran. Pasalnya saya ingin tahu seperti apa wujud dan rasa gule tersebut.

Meski judulnya gule kacang ijo, ternyata gule ini disajikan dengan daging kambing. Kita bisa memilih dengkil atau kaki kambing, lidah, kuping maupun otak kambing sebagai lauknya tergantung pilihan selera kita. Lalu apa istimewanya gule kacang ijo?

Dari cara memasaknya gule kacang ijo ini berbeda dengan gule kebanyakan. Kalo biasanya gule dimasak dengan santan, namun gule kacang ijo dimasak dengan srundeng yang tentunya telah dicampur dengan berbagai bumbu. Selain itu, kita juga bisa menikmati gule kacang ijo dengan menu tambahan dadar tepung.

Warung Pak Sholeh juga tergolong unik. Bagi pelanggan setia umumnya tahu apakah masih beruntung bisa menikmati gule racikan Pak Sholeh atau datang terlambat. Tandanya adalah dua buah lampu berwarna merah dan hijau yang dipasang di depan warung. Lampu tersebut akan terlihat jelas dari ujung gang. Jika lampu menyala warna hijau maka kedatangan mereka tidak sia-sia, karena masih bisa menikmati gurihnya gule Pak Sholeh. Namun sebaliknya, jika lampu merah yang menyala, sudah bisa dipastikan gule kacang ijo Pak Sholeh habis.

Untuk urusan harga, gule kacang ijo Pak sholeh tergolong murah. Cukup dengan uang Rp. 8000 kita bisa menikmati gurihnya gule kacang ijo Pak Sholeh. Saking terkenalnya gule kacang ijo Pak Sholeh, sejumlah artis dan budayawan seperti Novia Kolopaking, M.H. Ainun Najib, dan W.S Rendra pernah berkunjung ke tempat ini.

KP

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved