Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Buku Detail

Bung Karno Sang Arsitek

Format : Buku

Call Number
UDC: 92:72 (910);DDC: 710/.92

ISBN/ISSN
9793731028

Impresum
Yuke Ardhiati - Depok [id] : Komunitas Bambu, 2005

Deskripsi
xxi, 368 hlm.: ilus.; 21 cm.
Bung Karno Sang Arsitek
Yuke Ardhiati

Bibliografi: hlm. 337-348 dan indeks

Judul lain:
Bung Karno Sang Arsitek : kajian artistik karya arsitektur, tata ruang kota, interior, kria, simbol, mode busana, dan teks pidato, 1926-1945

Tesis --Universitas Indonesia, 2004 dengan judul: Arsitektur, tata ruang kota, interior, dan kria sumbangan Soekarno di Indonesia, 1926-1945, kajian mentalite arsitek seorang negarawan.

Ikhtisar:
Buku ini mengkaji hal-hal artistik karya arsitektur, tata ruang kota, interior, kria, simbol, busana dan teks pidato yang hadir sebagai alam bawah sadar atau mentalite Soekarno, Sang Proklamator, Kepala Negara dan sekaligus seorang arsitek.
Yuke Ardhiati menyampaikan lima hal pokok Soekarno sebagai seorang tokoh:
1. Pemetaan budaya multikultur Soekarno di tengah struktur masyarakat dan mengungkapkan mentalite artistik yang mendorong tindakannya merancang.
2. Merekonstruksi karya arsitektural Soekarno yang terdiri dari arsitektur, tata ruang kota, interior dan kria dalam kurun waktu 1926-1965.
3. Mengungkapkan makna yang terkandung dalam karya arsitektural dan non-arsitektural seperti simbol padma, busana dan teks pidato.
4. Melakukan kajian etik dan estetik terhadap karya arsitektural Soekarno.
5. Menyimpulkan mentalite yang terkandung dalam alam pikiran Soekarno.
Salah satu karakter Soekarno terhadap Indonesia terwujud dalam bentuk romantisme yang sifatnya “romantisme revolusi” yaitu jiwa yang cenderung mengharapkan sesuatu yang lebih baik dan indah, diwujudkan dalam ekspresi seni rupa dan simbol.

Subject :

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved