Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Buku Detail

Mayor Jantje : cerita tuan tanah Batavia abad ke-19

Format : Buku

Call Number
DDC: 899.22132

ISBN/ISSN
9793731230

Impresum
Johan Fabricus - Depok [id] : Masup, 2008

Deskripsi
xl, 188 hlm.: ilus.; 18 cm.
Mayor Jantje : cerita tuan tanah Batavia abad ke-19
Johan Fabricus

Novel
Terjemahan dari: De zwaluwen van Klapanoenggal

Ikhtisar:
Kisah nyata tragedi Mayor Jantje “de rijkste grondeigenaar van Java” (pemilik tanah terkaya di Jawa) abad ke-19. Ia hidup penuh kemewahan dan kesenangan di vilanya yang tersohor di Citrap.
Sebagai penggila pesta, ia menjamu tamu-tamunya, Indo maupun Eropa, dengan pesta extravaganza saban Sabtu malam: makan dan dansa diiringi alunan lagu orkes budaknya yang kemudian sohor sebagai tanjidor.

Semua itu bisa dilakukan berkat sarang-sarang burung walet di Klapanoenggal, sumber hartanya yang tak pernah kering. Namun, semua keindahan dan kesenangan itu segera meninggalkan sang Mayor begitu istri keduanya meninggal.

Rentetan masalah menderanya: konflik dengan anaknya, pencarian cintanya pada seorang gadis muda, hingga perginya tamu-tamu di Citrap. Begitulah, sang Mayor yang senang hidup dalam keramaian harus rela meninggal dalam kesepian. Sebuah buku historis yang bukan saja berhasil menguak kisah keluarga Michiels, keturunan mardijker (bekas budak yang telah dibebaskan) di Batavia, tetapi juga menghanyutkan perasaan sebab ditulis dengan narasi sastra yang menyentuh.

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved