Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Buku Detail

Inskripsi Islam tertua di Indonesia

Format : Buku

Call Number
DDC: 297.09598

ISBN/ISSN
9789799101037

Impresum
Claude Guillot dan Ludvik Kalus; dengan satu karangan oleh Willem van der Molen - Jakarta [id] : Kepustakaan Populer Gramedia, 2008

Deskripsi
181 hlm.: ilus.; 24 cm.
Inskripsi Islam tertua di Indonesia
Claude Guillot dan Ludvik Kalus; dengan satu karangan oleh Willem van der Molen

Bibliografi

Ikhtisar:
Masuknya Islam merupakan salah satu perubahan terbesar sepanjang sejarah Nusantara. Kendati demikian, sejarah periode itu tertutup kabut legenda epik maupun babad dan hikayat yang bertujuan politis. Buku ini menyingkap kabut sejarah masuknya Islam ke Nusantara dengan memakai epigrafi-epigrafi (inskripsi) Islam sebelum abad ke-17.
Telaah inskripsi ini menggugurkan banyak hal yang selama ini kadung diterima sebagai fakta sejarah masukknya Islam di Nusantara.
Salah satu contoh adalah dugaan bahwa Sunan Kudus merupakan sosok anonim di antara Wali Songo. Buku ini memperlihatkan bahwa Sunan Kudus ialah pemimpin gerakan Islam radikal. Ia bahkan pernah berjuang mendirikan negara agama sendiri ketika Kerajaan Demak dilanda Islam moderat. Kejutan lain ketika terungkap bahwa batu-batu nisan Leran yang dianggap sebagai gelagat kehadiran agama Islam di Jawa, ternyata tiba di Jawa karena pernah dipindahkan dari tempat asal sebagai tolak bara (pemberat kapal) dan jangkar.

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved