Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Rancangan mempercantik selasar

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Senin, 16 Maret 2009 | 11:22 WIB
http://properti.kompas.com/read/xml/2009/03/16/11225586/rancangan.mempercantik.selasar

Isi:

KOMPAS.com - Kolam menjadi semakin menawan dengan keberadaan lotus dan papyrus. Di tepinya tersusun batu kali bulat, tanaman irish, dan paku boston. Mempercantik selasar di atasnya.

Taman dengan kolam memperindah selasar. Keindahan itu diwujudkan dengan desain kolam yang alami dan penggunaan tanaman yang tidak rimbun.

Kolam seluas 12m2 berbentuk kurva. Pada seluruh tepi kolam terpasang batu kali bulat. Tiap batu berdiamter 10cm-0cm tanpa coating agar terlihat alami. Di antara batu teronggok gentong tanah liat. Mulut gentong mengalirkan air menuju kolam.

Di tengah kolam ditempatkan tanaman lotus (nelumbo nucifera) dan papyrus (cyperus papyrus). Di sisi kiri terdapat tanaman typha (typha angustifolia) dalam pot tanah liat. Ketiga tanaman itu menyeimbangkan kesan kaku tampilan selasar beton sekaligus mempercantiknya.

Di bagian kanan kolam yang berbatu berjajar tanaman irish (irish.sp), paku boston (nephrolepsin exaltata), dan satu kamboja jepang (adenium). Ketiganya menjadi pembatas kolam dengan taman. Ada juga tanaman lain, yaitu batavia (jathopha sp) dan kacang-kacangan (arachis sp). Sementara kedalaman kolam 50cm, cukup untuk ikan koi, emas, dan komet, yang terlihat lincah bergerak ke sana sini.

Kolam sebagai unsur pemanis selasar dan tanaman di sekelilingnya, menciptakan suasana segar. Bentuk, material, dan elemen pendukungnya memberi kesan alami secara maksimal. Untuk membangun kolam ini diperlukan dana sekitar Rp5juta.

Indra

Subject :

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved