Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

qzWarisan kearifan di lembah Ciwulan

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
kompas: Sabtu, 31 Januari 2009 | 15:33 WIB
http://travel.kompas.com/read/xml/2009/01/31/15332271/warisan.kearifan.di.lembah.ciwulan

Isi:

Kampung Naga merupakan salah satu kampung adat di Jawa Barat. Kampung seluas 10 hektar ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Lokasinya berada di jalan raya Garut-Tasikmalaya, sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya atau 25 km dari pusat Kota Garut. Kampung ini berada 0,5 km di bawah jalan raya, terletak di lembah Sungai Ciwulan.

Sekitar 150 keluarga Sanaga (warga Naga) masih memegang adat dan tradisi yang diwariskan karuhun. Salah satunya adalah tatanan perkampungan. Terdapat 110 rumah terbuat dari bambu, kayu, dan beratap ijuk. Bentuknya serupa satu sama lain dengan ukuran 5 x 8 meter. Bentuk rumah yang seragam ini merupakan wujud nilai kebersamaan dan kesederhanaan. Kesederhanaan juga tecermin dari tidak adanya aliran listrik di kampung ini.

Nilai kearifan lokal juga tecermin dari tata lingkungan Kampung Naga yang masih terjaga hingga kini. Sungai Ciwulan yang merupakan urat nadi kehidupan kampung ini tetap terjaga dengan adanya hutan lindung di hulu sungai.

Perlindungan terhadap sumber air memang merupakan bagian dari tradisi Sanaga sebab air merupakan sumber kehidupan yang dipakai untuk pertanian padi dan beternak ikan.* (NDW/LITBANG KOMPAS)

Subject :

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved