Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Digagas penyusunan UU Sanitasi : Sanitasi belum jadi prioritas

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Rabu, 29 April 2009 | 21:24 WIB
http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/04/29/21241362/sanitasi.belum.jadi.prioritas..

Isi:

SOLO, KOMPAS.com - Sanitasi belum menjadi prioritas dan fokus perhatian, baik pemerintah maupun masyarakat. Tidak heran, anggaran yang di alokasikan pemerintah untuk sanitasi masih rendah. Demikian pula, perilaku hidup bersih dan sehat serta sanitasi masyarakat secara umum masih kurang.

Untuk itu, saat ini muncul wacana perlunya ada undang-undang sanitasi sebagai payung disusunya peraturan daerah (perda) sanitasi. Dengan adanya perda sanitasi akan mendukung keberlangsungan program sanitasi siapa pun kepala daerahnya. Wacana ini, menurut Susmono, muncul saat Konvensi Sanitasi beberapa waktu lalu oleh para kepala daerah.

"Jika memang dikehendaki, maka akan kami lanjutkan prosesnya tahun ini juga. Kami sudah siap materi teknisnya, tinggal menyusun naskah akademik. Nanti bentuknya bisa undang-undang atau peraturan pemerintah yang mengacu pada undang-undang yang ada," kata Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum Susmono di sela-sela City Sanitation Summit V di Kota Solo, Rabu (29/4).

Direktur Permukiman dan Perumahan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Budi Hidayat yang juga hadir mengatakan, sanitasi akan mulai masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) 2010-2014.

Dana alokasi khusus (DAK) untuk sanitasi yang semula digabung dengan air minum, mulai tahun 2010 akan dipisah sehingga mendapat porsi yang lebih besar, yakni 60 : 40 untuk sanitasi dibanding air bersih. Saat ini, dana untuk sanitasi dalam APBN Rp 400 miliar-Rp 600 miliar.

EKI

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved