Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Konsep perumahan Islami, seperti apa?

Format : Artikel

Impresum
Yura Syahrul - : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas.com: Sabtu, 4 Juli 2009 | 19:47 WIB
http://properti.kompas.com/read/xml/2009/07/04/1947485/konsep.perumahan.islami.seperti.apa

Isi:

KOMPAS.com - BARANGKALI pertanyaan ini kerap terlontar. Seperti apa rumah islami itu? Banyak pengembang menurunkan konsep islami ini dalam bentuk dan desain rumah. Seperti, dinding bertabur ukiran kaligrafi, mushala di dalam rumah, ada keran khusus untuk berwudu, hingga kamar mandi yang tak boleh menghadap kiblat.

Tak hanya itu. Pengembang perumahan juga membuat bagian dalam rumah tertutup sehingga orang lain tak bisa melihat dari luar. Tapi, di bagian luar rumah tidak dipagari. "Dengan begitu, penghuni tetap bisa bersosialisasi dengan para tetangga," kata Denny Ernadie, pengurus Yayasan Az-Zikra yang juga mengembangkan rumah islami.

Kompleks perumahan umumnya dilengkapi masjid, mushala, atau taman pendidikan Al-Quran (TPA). Sedangkan di kolam renang umum, ada pembatas antara pria dan wanita. "Bisa saja melakukan pengaturan jam pemakaian," imbuh Nasrullah, Direktur Utama Orchid Realty.

Suasana religius lebih hidup lagi dengan adanya kegiatan rutin salat berjamaah dan pengajian di masjid. Perumahan Bukit Az-Zikra lebih ekstrem lagi: melarang penghuninya merokok, dan penghuni perempuan harus menutup aurat.

Demi menjalankan kehidupan pada nilai-nilai agama, semua transaksi pembelian atau penjualan rumah menganut prinsip dan akad syariah. "Itu yang diutamakan Orchid," kata Nasrullah.

Otomatis, hanya bank-bank syariah yang bisa memberikan kredit kepemilikan rumah (KPR). "Kami bekerjasama dengan BTN Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah," kata Denny. Namun, pasar juga menjadi pertimbangan.

(KONTAN/Yura Syahrul)

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved