Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Pemerintah harus kuasai lahan bagi perumahan

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Selasa, 9 Juni 2009 | 16:05 WIB
http://properti.kompas.com/read/xml/2009/06/09/16053273/pemerintah.harus.kuasai.lahan.bagi.perumahan

Isi:

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah harus menguasai lahan terutama yang berlokasi di pusat kota untuk menjaga kelangsungan pembangunan rumah dengan harga terjangkau di perkotaan.

"Seharusnya konsep bank tanah (land bank) sudah dipikirkan sejak lama untuk menjamin kelangsungan permukiman murah di kota-kota besar," kata Ketua Mubyarto Institute, Noer Sutrisno di Jakarta, Selasa (9/6).

Dia mengatakan, selama konsep land bank ini tidak dipikirkan sejak awal maka masyarakat berpendapatan rendah akan semakin sulit untuk mendapatkan rumah di perkotaan.

"Lahan yang sudah dibeli nantinya tidak dapat dipindahtangankan sehingga hunian yang dibangun di atasnya bukan hak milik tetapi hak guna usaha yang setiap waktu harus diperpanjang," ujarnya.

Noer mengatakan, status tanah nantinya tetap milik negara bukan badan usaha, meski dibangun swasta namun tidak dapat dimiliki serta harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, dengan konsep sekarang ini meski pemerintah punya kebijakan untuk merangsang pengembang membangun rumah murah tetapi tetap mengalami kesulitan membangun diperkotaan.

"Harus ada terobosan untuk memperluas pengadaan bank tanah yang dibiayai APBN akan tetapi ditujukan untuk membangun rumah tinggal dibuat regulasi bagi masyarakat yang akan menghuni," jelasnya.

Dia juga minta agar ada ketegasan dalam menetapkan kawasan agar masyarakat berpenghasilan rendah tidak semakin terpinggirkan sebagai akibat mahalnya harga tanah terutama di pusat kota.

Persoalan juga terjadi dalam pembangunan Rusunami karena tidak ada regulasi soal tanah membuat harganya sulit untuk memenuhi ketentuan pemerintah meski unit yang di pasarkan sudah dicampur antara yang subsidi dan komersial. Menurutnya, untuk menerapkan kebijakan pertanahan bukan hal yang sulit apalagi pemerintah sudah menyiapkan kebijakan untuk memperbesar hunian murah di kota-kota besar.

AC
Sumber : Ant

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved