Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Mengenal kualitas estate management (II - habis)

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas.com: Jumat, 27 Maret 2009 | 12:14 WIB
http://properti.kompas.com/read/xml/2009/03/27/12145615/mengenal.kualitas.estate.management.ii.-.habis.

Isi:

JAKARTA, KOMPAS.com - Ya, meskipun perumahan yang Anda huni sudah selesai dipasarkan pengembang, Anda harus bisa memastikan, bahwa EM harus terus dilaksanakan agar kawasan tertata baik selamanya. Tentunya, segala perencanaan, langkah dan upaya pengembang bisa dianalisa lebih dalam untuk mengetahui masa depan hunian Anda dan naik-turun harga jualnya.

Melalui EM, kawasan kelola pengembang merupakan kawasan yang kerap disebut kawasan kota. Alhasil, kawasan kelola tidak hanya dilaksanakan secara terpadu di kawasan hunian, melainkan juga kawasan pendukung seperti perkantoran dan pusat hiburan, lapangan golf, serta mal. Untuk itu, beberapa fungsi EM yang mestinya diterapkan dan perlu Anda ketahui antara lain:

Layanan Konsumen
Di bawah divisi Customer Service (CS), pintu hibungan antara pihak EM dan penghuni kawasan akan selalu terjalin dengan baik. Peran lain tak kalah pentingnya divisi ini adalah sebagai sumber yang memberikan segala informasi serta membantu menyelesaikan kebutuhan, kesulitan, dan ketidaknyamanan penghuni.

Kontrol Bangunan
Di bawah Building Control Department (BCD), fungsi EM menyasar pada kepentingan konstruksi dan keindahan untuk menjaga keserasian setiap wilayah dengan mengendalikan semua aktifitas pembangunan dan renovasinya.

BCD akan menjadi pintu masuk bagi perijinan kegiatan pembangunan berkelanjutan. Lingkup tugasnya meliputi pemberian izin bangunan, tahap pemeriksaan atau inspeksi rutin, serta konsultan kebutuhan renovasi dan penyesuaiannya dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan aturan pengembang sendiri, semisal larangan mengubah bentuk muka bangunan.

Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan
Terkait persoalan kesehatan dan kebersihan lingkungan, EM akan berfungsi menangani berbagai hal terkait pengawasan dan pemeliharaan pemakaian listrik, telepon, serta koordinasi gangguan listrik dan perbaikan jalan atau saluran air dengan institusi lain seperti PLN dan PAM.

Berbagai proses pengawasan, pendistribusian, serta pemeliharaan kualitas air bersih bagi warga hunian sehari-hari juga menjadi jaminan kualitas EM. Termasuk, bagaimana EM menjadi katalisator pengawasan dan pemeliharaan keselamatan lingkungan hidup melalui konsep daur ulang limbah rumah tangga milik seluruh penghuni kawasan.

Keamanan Lingkungan
Di bawah kordinasi Protective Service Department (PSD), fungsi ini bukan lagi semata keamanan lingkungan, melainkan juga memberi jaminan kenyamanan penghuni kawasan. Sinergi antara PSD dan BCD juga diperlukan. Sinergi ini akan menertibkan pelanggaran terhadap aturan pembangunan atau renovasi.

Hubungan Kemasyarakatan
Kebutuhan sosial seperti administrasi kependudukan dan bermasyarakat para penghuni kawasan akan menjadi lingkup EM. Khususnya, untuk menangani berbagai hal terkait kebutuhan penghuni akan birokrasi pemerintahan seperti pengurusan KTP, pembayaran PBB, pindah rumah, pernikahan, dan sebagainya termasuk penyelesaian sengketa terkait gangguan lingkungan sekitar

Pengembangan Komunitas
Dijalankan oleh Community Development Department (CCD), fungsi EM diharapkan mampu melayani dan mendukung sepenuhnya aktivitas warga kawasan dengan menyediakan berbagai media dan sarana informasi.

Informasi ini bisa berupa kegiatan yang khusus diperuntukkan untuk warga penghuni kawasan semisal perayaan hari-hari besar bersama, bersih lingkungan, struktur organisasi warga dan sebagainya.

Koordinasi dan komunikasi yang baik antara CCD dan penghuni diharapkan mampu meningkatkan kualitas hunian rumah yang sudah dibeli. Fungsi tersebut juga tidak terkecuali pada pemilik yang rumahnya tidak dihuni. Selain memberi jaminan keamanan pada kondisi rumah yang ditinggalkan, hal tersebut tentu mendukung pemilik rumah terkait nilai jual rumahnya.

Layanan Purna Jual

Selama masih dalam masa garansi, tanggung jawab berbagai masalah atau kerusakan pada bangunan berada di bawah kendali divisi sales, yang tidak hanya mengurus soal serah terima bangunan yang sudah selesai.

Penagihan
Berbagai tagihan terkait fungsi manajerial seperti tagihan air, sampah, serta keamanan juga akan menjadi beban EM. Selain untuk memudahkan masyarakat, manfaat fungsi bisa dijadikan sumber pemasukan operasional EM, yaitu sebagai dana kelola kelangsungan pasokan air, kebersihan dan keamanan lingkungan

LTF

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved