Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Mendongkrak citra lewat "estate management"

Format : Artikel

Impresum
Fitri Nur Arfenie dan Uji Agung Santosa - : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas.com: Senin, 24 Agustus 2009 | 07:28 WIB
http://properti.kompas.com/read/xml/2009/08/24/07281287/mendongkrak.citra.lewat.estate.management

Isi:

KOMPAS.com - SIAPA yang tidak mau hidup nyaman, aman, dan tenteram di kompleks perumahan? Tiga faktor itu jelas menjadi pemikat sewaktu calon pembeli memilih hunian. Itu sebabnya, sedari awal, setiap pengembang perumahan menerapkan sistem pengelolaan kawasan yang beken dengan istilah estate management.

Tapi, tidak semua pengembang memberlakukan estate management secara menyeluruh. Hanya sedikit yang menerapkan sistem ini secara lengkap dan terpadu, dari pemeliharaan lingkungan, keamanan, sampai pengelolaan air. "Estate management biasanya memang untuk perumahan menengah ke atas," kata Pengamat Properti Panangian Simanungkalit.

Memang, pengembang tidak bisa menganggap enteng masalah pengelolaan kawasan. Soalnya, citra mereka bisa menjadi taruhan. "Karena itu, sejumlah pengembang sampai membentuk divisi khusus untuk mengurusi kawasan properti mereka," ujar Vivin Harsono, pengamat properti dari Jones Lang LaSalle.

Sebut saja, PT Alam Sutera Realty, pengembang Alam Sutera yang terletak di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, yang membentuk divisi khusus dengan nama Estate Management. "Divisi ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh warga Alam Sutera dapat hidup dengan nyaman, aman, dan tenteram melalui pengelolaan dan penataan lingkungan secara berkesinambungan," kata Sekretaris Perusahaan Alam Sutera Reality Hendra Kurniawan.

Angka penjualan meningkat
Begitu juga dengan PT Lippo Karawaci Tbk, pengembang Lippo Village di daerah Karawaci, Tangerang, yang menciptakan unit khusus estate management bernama Township Management Division.

"Kami berusaha menjamin seluruh hal detail yang menjadi keinginan banyak orang untuk kenyamanan, divisi ini perangkat yang sangat penting," ujar Paulus Pandiangan, Manajer Hubungan Masyarakat Lippo Karawaci.

Estate management tidak hanya penting bagi penghuni perumahan, tapi juga pengembang. Chief Estate Management Officer PT Graha Andrasentra Propertindo, pengembang Bogor Nirwana Residence Hengky mengungkapkan, penerapan sistem pengelolaan lingkungan bisa mendongkrak angka penjualan. Sebab, rata-rata pembeli hunian di perumahan yang dikembangkan anak usaha PT Bakrieland Development Tbk, ini adalah orang yang setelah mendapat rekomendasi dari teman yang sudah merasakan keamanan dan kenyamanan tinggal di Bogor Nirwana.

Tapi, menurut Vivin, konsep estate management tidak serta merta meningkatkan angka penjualan. Dia tidak melihat sistem pengelolaan kawasan bakal berdampak sejauh itu. Pasalnya, penjualan sangat tergantung pada lokasi, desain, harga, dan fasilitas. "Estate management hanya bisa menaikkan marketibility-nya," katanya.

Hanya yang pasti, Vivin menambahkan, estate management akan mengangkat nilai properti di perumahan tersebut. Harga tanah di suatu kawasan yang lingkungannya tertata dengan baik dan apik bisa naik hingga 15% per tahun. Sebaliknya, kalau pengelolaannya buruk, harga di secondary market bakal turun.

Makanya, Vivin berpesan, calon pembeli mesti cermat memilih tempat tinggal. Sejauh mana rencana ekspansi pengembang. "Lihat masterplan pengembang tersebut. Selama memiliki kepentingan, penghuni tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanan dan kenyamanan," ujar Vivin. (KONTAN/Fitri Nur Arfenie/Uji Agung Santosa)

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved