Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

SBY ajak kembangkan ekonomi pariwisata

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Wartakota: Jumat, 26 Juni 2009 | 11:37 WIB
http://wartakota.co.id/read/pelesir/6660

Isi:

Senayan, Warta Kota - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat Indonesia untuk mengembangkan ekonomi nasional berdasar pada pengembangan pariwisata Tanah Air. Ekonomi pariwisata sebagai salah satu penggenjot pendapatan daerah, dan nasional saat krisis keuangan yang mengarah pada resesi ekonomi dunia terjadi.

"Masa depan ekonomi indonesia. Jangan hanya mengandalkan ekonomi pertanian, industri dan jasa konvensial. Kembangkan ekonomi pariwisata, ini sangat luar biasa," ujar Presiden Yudhoyono saat membuka acara Pekan Produk Kreatif Indonesia 2009 di Jakarta, Jumat (26/6).

Kepala Negara menyebut, ekonomi pariwisata selama ini menjadi andalan Bali. "Bali mampu bangkit," katanya.

Dengan kesuksesan ekonomi pariwisata di Bali, SBY berharap bisa ditiru di daerah-daerah lain di Indonesia. "Saya ingin ekonomi pariwisata mampu meningkatkan gross domestic product (GDP)," tuturnya.

Selain mengembangkan ekonomi pariwisata, SBY juga mengajak mengembangkan ekonomi kreatif berbasis teknologi. "Ini bukan hanya meningkatkan seni dan budaya. Teknologi penting agar ada daya saing," sergahnya.

Pada pembukaan Pekan Produk Kreatif Indonesia 2009, sejumlah pejabat dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu nampak hadir. Mereka yang terlihat hadir antara lain Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Mendag Mari Elka Pangestu, Menristek Kusmayanto Kadiman, Menkominfo M Nuh, Ketua DPR RI Agung Laksono, Ketua Kadin MS Hidayat, serta tamu undangan kenegaraan.

Acara ini dibuka dengan atraksi kesenian musik angklung yang dilanjutkan dengan paduan suara yang menyanyikan lagu Keroncong Kemayoran.

Mengusung tema Menjadikan Budaya dan Teknologi Sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia, sedikitnya 14 lembaga pemerintah termasuk Kementerian dan Departemen mengikuti acara ini.

Acara PPKI juga menampilkan karya terbaik anak bangsa di bidang animasi, software, publishing, printing, design film, musik dan lain-lain.

Hadir pula pada kegiatan yakni, seminar, lokakarya, dialog, dan pergelaran budaya. (Persda/Ade Masayanto)

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved