Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Gedung tua di Semarang terbakar

Format : Artikel

Impresum
Herpin Dewanto Putro - : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas.com: Selasa, 1 September 2009

Isi:

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebuah bangunan berlantai dua di kawasan Kota Lama di Jalan Kepodang Nomor 36, Kota Semarang, terbakar, Selasa (1/9) sekitar pukul 19.30. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini dan kerugian material belum diketahui.

Karyono, pedagang makanan di seberang gudang, mengatakan, gudang itu ditinggalkan pemiliknya sekitar pukul 17.30. Semua lampu dalam gudang tersebut dimatikan. "Lalu ada orang-orang di sekitar gudang mulai panik ketika melihat api semakin membesar," kata Karyono.

Sekitar pukul 19.45, petugas pemdam kebakaran berdatangan. Ada lebih enam unit mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api secara bergantian. Bahkan, salah satu petugas terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena sesak napas. Api mulai padam sekitar pukul 21.00.

"Lantai satu gedung ini dipakai untuk menyimpan barang-barang, sedangkan lantai dua kosong," kata Ahmad Husein, penghuni gedung di samping gudang yang terbakar.

Gudang nomor 36 dan gedung yang dia pakai saat ini (nomor 38), kata Ahmad, sudah disewa Kuncoro Hadi Laksono, seorang advokat, sejak zaman Belanda.

Menurut Ahmad, sewa gudang nomor 36 itu diteruskan oleh Fatimah, sedangkan gedung di sebelahnya diteruskan sewanya oleh Wahyu Lestari, istrinya. Setiap sore, kedua gudang itu selalu kosong ditinggalkan penghuninya. Menurut Ahmad, gedung tersebut masih dipakai sebagai kantor advokat hingga saat ini.

Laporan wartawan KOMPAS Herpin Dewanto Putro

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved