Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Anyer-Carita Padat, Sarana Pantai Marunda Minta Dibangun

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Rabu, 23 September 2009 | 06:37 WIB
http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/09/23/06372952/anyer-carita.padat

Isi:

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Obyek wisata Pantai Anyer, Kabupaten Serang, dan Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, di pesisir barat Provinsi Banten dipenuhi pengunjung yang memanfaatkan hari libur Lebaran untuk berekreasi, Selasa (22/9).

Ruas menuju Anyer-Carita dari arah Cilegon yang pada Selasa pagi masih lancar, selepas tengah hari mulai padat sehingga kendaraan harus merayap. Di ruas yang rawan macet, yakni di sekitar Pasar Anyer, dipasang tali pembatas untuk menghindari pertemuan arus pengunjung yang datang dan yang akan pulang.

"Kemarin dan hari ini Pantai Anyer ramai. Tetapi, kayaknya Minggu nanti akan sampai puncaknya karena bareng akhir liburan," kata Arif, pengunjung di Pantai Pasir Putih, Ciparay, Anyer, yang berpiknik bersama keluarganya.

Aneka hiburan dinikmati para wisatawan di Pantai Anyer-Carita, seperti naik perahu, berenang, dan bermain di hamparan pasir. "Untuk menjaga keselamatan pengunjung, ada 106 orang dari total 142 personel penyelamat pantai yang diterjunkan selama Lebaran," kata Koordinator Bidang Teknis dan Operasi Penyelamat Pantai Banten Ade Ervin.

Sebanyak 14 pos penyelamat pantai pun didirikan. Delapan pos tersebar di sepanjang Pantai Anyer-Carita, sementara empat pos lainnya ada di Pantai Sawarna, Bagedur, Karang Taraje, dan Kharisma, yang semuanya berada di Kabupaten Lebak.

Ervin menuturkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pantai Anyer dan Carita selalu dipenuhi pengunjung, terutama saat libur Lebaran. Pengunjung yang datang pada hari liburan biasa berkisar 3.000 orang hingga 5.000 orang per hari. Adapun pada libur Lebaran ini setidaknya ada 30.000 pengunjung.

Selain wisata pantai, kawasan Banten Lama pun ramai dikunjungi peziarah, seperti ke makam Sultan Maulana Hasanuddin dan Maulana Yusuf. Banyak pula wisatawan yang berkunjung ke situs purbakala yang tersebar di sekitar Masjid Agung di Banten Lama.

Pantai Marunda

Kepadatan tempat wisata juga terlihat di pantai publik Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Pengunjung memadati pantai yang satu-satunya warga bisa main air laut secara gratis. Bahkan, pada hari kedua Lebaran, Senin, jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 15.000 orang.

Para pengunjung sudah terlihat berdatangan sejak pagi hari. Lahan-lahan kosong dijadikan tempat parkir darurat. Menurut pengunjung, mereka senang ke pantai ini karena selain bisa bermain air laut, juga murah. Pengunjung tidak perlu membayar untuk masuk kawasan itu.

"Di sini semua serbamurah, mulai dari jajanan gulai kerang hingga ikan bakar. Naik perahu keliling pesisir cuma bayar Rp 3.000," tutur Edi Sukroni, warga Jalan Kramat Jaya, Lagoa, Koja, yang berwisata bersama istri dan dua anaknya.

Para pengunjung bahkan bukan cuma dari Jakarta Utara, tetapi juga dari Jakarta Timur, Bekasi, dan Karawang. "Tiap tahun kami kemari bersama keluarga dan kerabat. Selain berziarah ke Masjid Al-Alam, juga bisa menikmati pantai dan jajanan murah," kata Mukmin, warga Desa Sukatani, Tarumanegara, Bekasi Utara.

Usman (40), Ketua RT 003 RW 07 Marunda, menjelaskan, selain berziarah ke Masjid Al-Alam dan Rumah Si Pitung, pengunjung juga menikmati keindahan pantai. Namun, infrastruktur kawasan tersebut kurang memadai.

"Kami berharap agar sarana pendukung, seperti permainan air, payung teduh, dan toilet yang layak bisa dibangun oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara," kata Usman. (CAS/ARN)

Foto:
Wisatawan memadati kawasan wisata Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Selasa (22/9). Keramaian pengunjung di obyek wisata Carita dan Anyer, Kabupaten Serang, diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir pekan mendatang saat berakhirnya libur Lebaran.

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved