Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Festival Malioboro Jadi Ikon Baru Yogyakarta

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Rabu, 7 Oktober 2009 | 10:01 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2009/10/07/10012659/festival.malioboro.jadi.ikon.baru.yogyakarta

Isi:

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Festival Malioboro yang akan digelar 6-8 November 2009 diharapkan menjadi ikon pariwisata Yogyakarta. "Festival Malioboro akan lebih menarik dan memiliki warna lain dibandingkan beberapa kegiatan pariwisata lainnya di Yogyakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir, di Yogyakarta, Selasa (6/10).

Ia mengatakan, DIY memiliki kekayaan wisata budaya dan aneka ragam objek wisata yang tidak ada di wilayah lain di Indonesia sehingga Festival Malioboro diharapkan menjadi ikon wisata baru di Yogyakarta.

Menurut dia, untuk membangun citra kota wisata, Dinas Pariwisata Provinsi DIY sudah merencanakan menggelar serangkaian program kegiatan pariwisata pada 2009 dan 2010. "Pemerintah daerah akan memperbanyak kegiatan pariwisata untuk lebih mengenalkan nama Yogyakarta," katanya.

Panitia pelaksana Festival Malioboro, Novel dari Kirana Organizer mengatakan selain mengedepankan "performance art" dengan sentuhan edukasi budaya, festival ini juga akan didominasi konfigurasi batik sebagai simbol budaya adiluhung Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta.

"Yogyakarta berkepentingan ikut melestarikan warisan budaya batik sehingga batik tidak hanya menjadi suguhan wisata tetapi sebuah komoditas ekonomi yang laku dijual kepada para wisatawan," katanya.

Ia optimistis penyelenggaraan Festival Malioboro 2009 yang digelar Dinas Pariwisata DIY akan menjadi atraksi wisata budaya yang menarik wisatawan karena dalam acara itu dilibatkan seniman dan budayawan termasuk komunitas sanggar budaya di Yogyakarta.

"Festival ini akan menjadi reinkarnasi wisata budaya khususnya Malioboro masa lalu, saat ini dan masa mendatang," katanya.

MBK

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved