Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Akses Suramadu Harus Bebas Hambatan

Format : Artikel

Impresum
Aloysius Budi Kurniawan - : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Kamis, 2 Juli 2009 | 21:12 WIB
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/07/02/21123359/akses.suramadu.harus.bebas.hambatan.

Isi:

SURABAYA, KOMPAS.com - Pembangunan rest area di jalan akses Jembatan Suramadu sisi Madura harus segera direalisasikan. Sebagai jalan raya arteri primer, akses Suramadu harus terbebas dari hambatan lalu lintas.

Demikian penuturan Asisten II Ekonomi Pembangunan Sekdaprov Jatim Chairul Djaelani, Kamis (2/7) di Surabaya. Sebagai jalan arteri primer, di sepanjang jalan akses Suramadu tak boleh ada muara-muara jalan baru dan hambatan samping ( side friction). Jika jalanan akses dipenuhi PKL dan penuh persimpangan sehingga macet, maka keberadaan Tol Jembatan Suramadu tak ada artinya, ucapnya.

Menurut Chairul, pembangunan Jembatan Suramadu dengan nilai investasi hampir Rp 5 triliun bertujuan agar akses transportasi Surabaya-Madura lebih lancar dan cepat. Karena itu, jika jalur lintasan Jembatan Suramadu macet dan lama, maka tujuan utama pembanguan Suramadu tak tercapai.

PKL di sepanjang jalan akses Suramadu sisi Madura sudah ditertibkan sehingga tak berada di bahu jalan. Tapi, secepatnya rest area harus dibangun dan para PKL direlokasi ke tempat tersebut agar lebih teratur dan tak mengganggu lalu lintas, tutur Chairul.

Asisten I Pemerintahan Pemkab Bangkalan Muh ammad Saad Ashari menyatakan, Pemkab Bangkalan masih kesulitan mencarikan lahan relokasi untuk PKL. Alasannya, pembiayaan sewa lahan besar. Diperkirakan, dengan harga sewa sekitar Rp 300.000 per meter, maka biaya sewa tanah seluas dua hektar mencapai Rp 6 miliar.

Kepala dan Wakil BPWS Dilantik

Setelah hampir setengah bulan Jembatan Suramadu diresmikan, akhirnya kepala dan Wakil kepala Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura atau BPWS dilantik hari ini. Mantan Deputi Operasional Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh-Nias Eddy Purwanto dan mantan Kepala Bakorwil Pamekasan Junaedi Mahendra dipastikan terpilih sebagai Kepala dan Wakil Kepala BPWS.

Chairul mengatakan, pelantikan Kepala dan Wakil Kepala BPWS akan berlangsung pukul 09.00 di Gedung Djuanda Departemen Keuangan, Jalan Wahidin Nomor I, Jakarta Pusat. Dijadwalkan, pelantikan akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Pemrpov Jatim mengusulkan Junaedi Mahendra dalam struktur BPWS karena Junaedi dianggap mengetahui kultur masyarakat Madura. Soekarwo juga mengusulkan empat bupati di Pulau Madura besarta Walikota S urabaya masuk dalam unsur dewan pengarah BPWS. Namun usulan ini belum mendapatkan tanggapan dari Dewan Pengarah BPWS.

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved