Welcome to Pusat Dokumentasi Arsitektur Library

Artikel Detail

Tata Kota : DKI Sediakan Peta Digital di Internet

Format : Artikel

Impresum
- : , 2009

Deskripsi
Sumber:
Kompas: Kamis, 26 Februari 2009 | 01:01 WIB
http://www.kompas.com/read/xml/2009/02/26/06281024/dki.sediakan.peta.digital.di.internet

Isi:

Jakarta, Kompas - Dinas Tata Kota DKI Jakarta menyediakan peta Jakarta dalam versi digital secara gratis di internet. Peta itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin mengetahui rencana tata kota di seluruh wilayah Jakarta.

"Terdapat 3.800 peta yang digabungkan menjadi sebuah peta utuh Jakarta. Dalam pola tampilannya, peta itu dibagi di tiap kecamatan dan dapat dilihat sampai tingkat yang detail," kata Kepala Dinas Tata Kota (DTK) DKI Jakarta Wiryatmoko, Rabu (25/2), di kantor Redaksi Kompas, Jakarta Pusat.

Alamat situs internet yang memuat peta digital gratis itu adalah tatakota.jakarta.go.id. Nama jalan dan nama beberapa bangunan penting di suatu kawasan juga ditampilkan sehingga memudahkan pencarian suatu lokasi dan mengetahui rencana bloknya.

Masyarakat yang ingin membeli tanah dan membangunnya, kata Wiryatmoko, dapat melihat dulu di peta ini dan melihat rencana blok kawasan yang ada. Di situs tersebut dapat juga diakses beberapa layanan yang berhubungan dengan izin bangunan.

Penelusuran Kompas, peta-peta di situs itu dapat diakses dengan cepat. Namun, keterangan beberapa layanan lainnya agak lambat. Selain itu, terdapat beberapa kode yang sulit dipahami masyarakat awam karena tidak ada legenda yang mendukung.

Wiryatmoko mengatakan, situs DTK masih menumpang di Kantor Pelayanan Teknologi Informasi sehingga kinerjanya masih sering lambat. Pihaknya sedang mengusahakan memiliki situs tersendiri sehingga dapat diakses lebih cepat. Masyarakat yang tak dapat mengakses internet dapat melihat peta cetaknya di kantor kecamatan setempat. DTK sedang mengusahakan agar peta digital dapat diakses di kantor kecamatan sehingga tidak merepotkan warga dan petugas kecamatan.

Pengembangan peta, kata Wiryatmoko, akan diarahkan sampai ke tingkat tiga dimensi. Semua bangunan akan dipotret dan ditampilkan secara terintegrasi dengan peta digital. "Kami ingin mengembangkan Sistem Informasi Perencanaan Kota yang dapat diakses secara terbuka oleh seluruh masyarakat." (eca)

Copyrights © 2016 Pusat Dokumentasi Arsitektur. All rights reserved